Rabu, 26 September 2012

FINISHING DAUN PINTU DENGAN SENTUHAN PRADA EMAS

gosok prada dengan kain
     Lama gak posting, ...... Finishing daun pintu dengan sentuhan prada emas ..... yah itulah postingan saya kali ini .... sambil ngerjain finishing beberapa daun pintu yang baru saya beli ....sekalian ceprat cepret ngambil gambar daun pintu tersebut he..he.. buat ngisi posting di blog ini. .... gini ceritanya ..... saya pingin ngeganti daun pintu saya yang sudah lama ..... dengan model yang lain ....saya beli daun pintu mentah 3 lembar.
Singkatnya 3 lembar daun pintu tersebut ......langsung saya suruh penjualnya pasang pada kusen saya sekalian engsel dan perlengkapanya .....tapi gak usah di cat pak .....mau saya  kerjain sendiri .....he ..he ...rencana daun pintu tersebut akan saya beri sentuhan lasur natural sehingga motif serat kayu kelihatan dan setelah itu akan saya beri sedikit sentuhan dengan prada emas....nih dibawah ini tahapan kerja saya:
Daun pintu mentah
1. Saya dempul dengan pengisi kayu / wood filler. saya cari lubang dan retakan pada daun pintu tersebut ..... dan tutup semua retakan dan lobang dengan wood filler tanpa campuran sehingga kental dan mudah .....pengaplikasianya saya menggunakan plastik potongan tutup cat yang saya gunting. setelah semua lobang dan retakan pada daun pintu tertutupi .....lalu saya bikin campuran encer wood filler dan tinner dalam satu wadah ..... lalu saya kuaskan deh ke seluruh permukaan daun pintu......sehingga semua serat di permukaan akan rata tertutupi.
2. Setelah kering dempul tersebut .....lalu ana amplas dengan menggunakan ampelas kasar ......lalu menyusul dengan amplas halus sampai rata ......
3. Langsung ane lapisi tipis dengan pernis keren / lasur natural clear gloss.......setelah kering saya hajar dengan lapisan tipiskedua ......supaya lebih muantap saya lapisin yang ketiga kalinya ......dan hasilnya lumayan deh ......karena saya malas ngecopot daun pintu tersebut jadi mengerjakan dengan posisi daun pintu sudah terpasang pada kusen jadi tidak berani dengan lapisan yang tebal....( seharusna daun pintu di copot dahulu dan di letakkan di tempat yang datar sehingga hasil lapisan lasur bisa di aplikasikan langsung dengan tebal  )
Daun pintu setelah dipernis
4. Karena bagian tengah akan ana permanis dengan sentuhan prada emas .....supaya adhesive oil ngak meleber kemana2 dan lebih mudah pengolesanya dengan kuas maka saya mengunakan lakban kertas untuk memberi batasan.....ane tempelkan di sekeliling batas yang akan di lapisi adhesive tsb.
lakban pembatas adhesive
 5. Langsung saya ambil sedikit adhesive dan tuangkan kedalam wadah .......ane kusakan ahdesive tersebut ke permukaan yang ane inginkan.
melapisi adhesive oil
 6. 5 menit kemudian .......lakban pembatas ana kletek dan prada emas roll saya gunting secukupnya dan tempelkan tepat pada adhesive yang sudah kering tersebut.
prada emas ditempel
 7. I gosok dengan kain sampai rata pada seluruh permukaan prada emas yang menempel tsb.
Gosok prada dengan kain
 8. Untuk bagian pojok ......dan sela sela I gunakan kayu kecil yang di bungkus kain.....setelah itu .....
prada emas pada daun pintu

sentuhan prada emas
 9. Ku kletek kulit pradanya dan cling .... selesai deh ........lalu ku pandangi ......dari kanan ....kiri ......jongkok .....berdiri ......kebahagiaan yang amat sangat ........ melihat hasil karya sendiri ALHAMDULILLAH......
Finishing daun pintu dengan sentuhan prada emas .... Itulah ceritaku .......apa ceritamu ...... he.... he....thank's.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

berminat belajar pak ada gak tutorialnya biaya kursus jarak jauh berapa pak yusuf

Agus Sudirman mengatakan...

Boleh pak, ..... anda bisa lewat whatsapp, msgr dll...dg silva kaligrafi ... Yah...tergantung detailnya teknik gilding yang yg ingin anda tahu he..he..:-)

Posting Komentar