Sabtu, 22 Oktober 2011

PELAJARAN DASAR MENULIS BENTUK TIMBUL HURUF KALIGRAFI

EMBOSSED LETTERS
      Assalaamualaikum, …. Sebelum anda menguasai tahap cara menulis kaligrafi timbul anda harus terlebihdulu menyimak pelajaran dasar menulis bentuk timbul huruf kaligrafi pada postingan saya ini. Sobat terlebih dulu belajar teknik dasar menulis huruf atau membuat  bentuk timbul yang paling mudah, yaitu belajar membuat bentuk timbul  mulai dari sebuah tanda baca “ titik ”.


Kenapa pelajaran dasar harus menulis atau membuat bentuk timbul dari salah satu tanda baca yaitu “ . “ ? ….. karena setelah anda menguasai teknik dasar dalam membuat sebuah bentuk " titik " timbul yang  bulat , rata, halus, tanpa meninggalkan sisa ekor dari tinta timbul yang lengket, ….. anda pasti akan mudah membuat huruf timbul kaligrafi arab atau huruf yang lain seperti bentu timbul dari “ alief “ dan seterusnya.

Pelajaran dasar / teknik tahap 1 yang harus dilakukan yaitu anda membuat bentuk timbul dari tanda baca “ . “  siapkan alat tulis timbul  anda yang sudah anda isi dengan tinta padat. Setelah beberapa saat dan alat siap mulailah anda membuat 5 titik berderetan dari  “ . “  terkecil sampai terbesar yang kawan bisa buat seperti tampak pada contoh dibawah ini :

Cara / teknik membuat bentuk timbul dari setiap  “ titik ” diatas sangat mudah bila sobat menguasai trik dasar sehingga bentuk timbul yang kawan buat sempurna, hasil akan terlihat mengkilat licin tanpa meninggalkan goresan dan garis sisa ekor dari tinta timbul. Sehingga setelah anda lapisi dengan prada emas bentuk timbul sobat akan terlihat menakjubkan.
EMBOSSING, GOLD LEAF

GOLD EMBOSSED LETTERS
Baiklah kita mulai pelajaran dasar menulis bentuk timbul huruf kaligrafi dengan langkah-langkah mudah seperti dibawah ini :
1.    Setelah siap alat tulis timbul anda  ( tekan tombol  picu perlahan dengan jari anda arahkan pada media dasar anda seperti triplek ataupun kertas )
2.    Tinta timbul akan meleleh pada media tersebut, ….. lalu angkat 5 sampai sepuluh cm pena anda, …. Turunkan sampai 1 cm diatas media tapi jangan sampai menempel pada huruf timbul anda )
3.    Tarik atau angkat pena anda lagi dengan cepat turunkan lagi lalu kibaskan kekanan dan kekiri  2 atau 3 kali sehingg ekor dari tinta timbul putus.
4.    Biarkan bentuk timbul dari huruf anda tersebut, …. Karena akan rata membentuk kubah yang cantik, halus licin dan keras dengan sendirinya.
5.    Buatlah lagi di sebelahnya bentuk “ titik “ yang lebih besar dengan cara yang sama dan ulangi lagi ke bentuk titik berikutnya sampai bentuk timbul yang terbesar, setelah berhasil anda bisa mulai menulis bentuk timbul dari huruf kaligrafi " alief ".

Nah, ….. Bila beberapa detik kelima bentuk timbul anda sudah keras anda bisa mengetahui sudah berhasil atau belum setelah anda tempel dan beri warna emas dengan prada. Ulangi beberapakali lagi sampai anda benar-benar bisa membuat bentuk timbul sederhana ini, …. Kalau anda sudah menguasai teknik ini anda bisa ke tahap selanjutnya yaitu membuat huruf bentuk timbul dari kaligrafi arab yaitu “ alief ” seperti tampak pada gambar yang saya contohkan di atas, dengan  metode dari pelajaran dasar menulis bentuk timbul kaligrafi arab tentunya. Ikuti terus posting saya ke trik dan pelajaran dasar selanjutnya  ……… wassalaam. …..

Cara bikin ornamen motif untuk percantik kaligrafi timbul
Teknik pewarnaan prada emas yang sempurna
Jual alat tulis timbul terbaik dan bahan cat tempel prada emas
Cara mewarnai huruf dan ornamen dengan prada emas.

4 komentar:

Anonim mengatakan...

mau nanya ..itu tinta timbulnya terbuat dari bahan apa ya?

silva kaligrafi mengatakan...

tinta timbul untuk kaligrafi bisa dari bahan cair maupun padat untuk lebih jelas silahkan lihat di kursus belajar teknik kaligrafi timbul. ...

Unknown mengatakan...

Asalamualaikum..maaf tanya dlu..klo mau beli via paket alat tulis timbul berikut lem dan prada emas (semua yg kwalitas bagus)hrgnya sampai brp ya bos? Sya di jateng. Trims sblmnya

Agus Sudirman mengatakan...

paket alat bahan dan buku tutorial...500rb pak.

Posting Komentar