Kamis, 27 Oktober 2011

LAPISAN CAT TEMBOK ATAU DINDING DENGAN CARA MENEMPEL EMAS PRADA

     Posting saya malam ini tentang lapisan cat tembok dengan cara menempel  emas prada. Maksudnya… Yaitu cat tembok warna emas prada yang sangat mengkilap dengan system tempel dalam pengecatan pada dinding atau tembok kita. Cat tembok prada emas system tempel seperti ini akan menghasilkan warna emas yang sangat mengkilap, elegant dan berbeda dengan cat  gold atau cat emas lainya.

 Anda dan orang lain yang melihat finishing dari cat tembok prada emas ini akan terkesima karena keindahan yang akan di pancarkan pada tembok atau dinding rumah anda. Selain pada dinding prada emas juga dapat kita aplikasikan untuk cat ornament, cat furniture, cat gypsum, cat pagar, cat pot bunga, cat genting, cat kramik, cat batu dan masih banyak lagi.

Tapi kali ini saya hanya akan memberikan contoh cara pengecatan pada tembok atau dinding rumah kita dengan prada emas satu warna ini, dan kalau anda mau prada emas bisa dibuat menjadi bermacam motif .... dengan bermacam teknik tentunya. Baiklah sebelum kita mulai kita perlu menyiapkan bahan dan alat yang akan kita gunakan untuk membuat lapisan cat tembok atau dinding dengan cara menempel emas prada ini, alat dan bahan yang dibutukkan adalah:

1.    Prada emas. ( berupa pigmen emas ataupun perak yang yang terikat pada lembaran plastik biasa di jual lembaran atau gulungan, 1 gulung sangat panjang …. mungkin bisa untuk melapisi seluruh ruangan rumah anda tapi tergantung ukuran luas rumah anda, untuk harga relatif tidak mahal).
2.    Adhesive. ( Cairan perekat atau pengikat supaya emas atau perak pada plastik prada melekat pada media yang akan diberi warna ).
3.    Kuas, kain halus, kayu yang dibentuk. ( Kain halus untuk menggosok prada emas. Kayu yang dibentuk yaitu kayu dibentuk sesuai media untuk menggosok , untuk yang banyak lekukan atau ukiran anda bisa membentuk tongkat kecil agak tumpul, cara gosok kayu dibungkus dengan kain halus).

Cara pelapisan cat prada emas
1.    Oleskan adhesive pada bagian yang akan di tempel lapisan prada emas.( pelapisan adhesive atau perekat bisa menggunakan kuas besar / kecil atau cara semprot. Untuk permukaan kasar bisa dilapisi 2 kali setelah lapisan pertama beberapa menit kering)

2.    Potong lembaran prada emas dengan gunting secukupnya dan tempelkan pada bagian yang sudah dicat dengan adhesive lalu gosok perlahan hingga bagian permukaan prada foil rata.

3.    Gosok dan tekan dengan kayu tumpul yang dibungkus kain ( penggosokan bisa dilakukan dengan arah memutar lalu arah naik turun dan kekanan-kekiri supaya lapisan emas atau perak pada prada foil menempel rata pada tembok).

4.    Setelah yakin sudah rata anda bisa lepas, tarik atau copot foilnya. ( tempel dan gosok lagi pada bagian yang belum tertempel lapisan emas atau perak.

5.    Lakukan finishing dengan pernis semprot atau dengan cara kuas. ( Anda dapat berinovasi sebelum pelapisan pernis, bisa dengan cat berwarna agak transparan sehingga hasil tempelan cat prada emas lebih indah dan tampak unik dengan motif clasik etc)

Nah……. Cara membuat lapisan cat tembok atau dinding dengan menempel emas prada diatas juga dapat diaplikasikan pada media lain menurut keinginan anda, semoga bermanfaat dan menambah inspirasi ……. Cukup sekian terima kasih ……

Cara mewarnai ornamen dengan prada emas.
Pengecatan kubah emas masjid dengan system gilding
Contoh dan harga bahan cat prada emas untuk kaligrafi dan ornament.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar