Jumat, 18 November 2011

CARA MEMASANG KALIGRAFI PADA BINGKAI KAYU PALET

  Kali ini saya hanya akan memberikan cara memasang kaligrafi dengan media dasar triplek pada bingkai kayu palet, melanjutkan postingan saya tentang membuat bingkai sederhana dari kayu palet. Tapi perlu di ingat yang mana yang lebih dulu di anda bikin, kalau anda sudah mempunyai kaligrafi dan akan membuat bingkai maka untuk memotong kayu palet panjang atau lebar harus lebih pendek 2 sampai 3cm supaya kaligrafi yang anda pasang bisa menempel di belakang bingkai kayu anda.
Sebaliknya bila anda sudah mempunyai atau membuat bingkai ..... misal ukuran 60 x 90 cm maka untuk memotong tripleks sebagai media tulis atau lukis kaligrafi harus lebih lebar 2 sampai 3 cm, seperti yang sudah saya katakan di atas supaya pemasangan kaligrafi pada bingkai kayu palet kita dapat kuat menempel di belakang kayu bingkai tersebut setelah kita paku atau steples pada sekeliling pinggir tripleks........ saya yakin anda sudah jelas ...... :))

Dan perlu saya jelaskan ..... bahwa bingkai yang kita buat pada postingan sebelumnya adalah model bingkai yang sangat sederhana baik dalam bentuk maupun tiypenya .... yaitu bingkai kayu tersebut sengaja kita buat tanpa dudukan tempat kaca seperti layaknya bingkai-bingkai yang lain, tapi jangan salah ...... bingkai tersebut sangat kokoh dan indah bila sudah kita pasang dengan kaligrafi timbul yang kita buat.

Baiklah kita mulai cara yang sangat sederhana dann mudah memasang kaligrafi pada bingkai kayu kita, .........
1. Letakkan bingkai anda kayu dengan posisi tengkurap. ( letakkan bingkai tersebut di lantai atau meja kerja anda dengan posisi bingkai menghadap kebawah, dengan diberi alas kain, koran atau karpet supaya tidak lecet.
2. Letakkan kaligrafi anda di atas bingkai. ( ambil kaligrafi media triplek anda lalu letakkan di atas bingkai anda, untuk mendapatkan posisi pas anda haru periksa setiap sudut harus sejajar yaitu sudut garis sambungan bingkai sejajar dengan sudut trilek pada keempat sudut tersebut, karena bingkai model ini tidak memiliki dudukan kaca / triplek ).
3. Setelah itu anda paku / staples. ( Karena lebar triplek lebih 1 cm dalam setiap sisinya maka untuk menseteples ataupun paku anda ambil jarak kirakita 1/4cm sampai 1/2 cm dari pinggir triplek, jarak paku kecil anda cukup 10cm sampai 15cm pada sekeliling pinggir triplek.
4. Lalu anda pasang lakban ( lakban yang anda gunakan bisa berupa lakban air atau lakban plastik tapi harus yang berwarna coklat supaya rapi.
5. Pemasangan plastik mika ( setelah dilakban rapi maka bingkai anda siap dipasang dengan plastk mika untuk pemasangan anda bisa lihat postingan saya sebelumnya. untuk mendapatkan plastik mika anda bisa beli di toko-toko plastik, satu gulung tebal dengan lebar 140cm harga sekitar rp.95.000,-.)
6. Pemasangan tali ( Pasang paku model cincin pada kanan dan kiri bingkai posisi tiga perempat agak keatas supaya bingkai kaligrafi menempel rata pada dinding bila digantung).

Gampuang kan ,........ itulah tehnik atau cara sederhana memasang kaligrafi pada bingkai kayu palet model sederhana yang sengaja kita bikin tanpa dudukan kaca atau triplek. saya sudah menjual ribuan bingkai dan kaligrafi model ini ............ silahkan anda mencoba .......trimssss .......

Cara meluruskan triplek yang bergelombang atau melengkung
Cara membuat bingkai dari kayu palet.
Cara pemasangan plastik mika pada bingkai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar