Selasa, 26 Juni 2012

CARA MENEMPEL GOLD LEAF KERTAS

    Toko gold leaf kami selain jual gold leaf ... juga bagikan Cara menempel gold leaf kertas atau melapisi media dengan warna emas menggunakan gold leaf yang saya contohkan dengan cara sederhana pada kotak perhiasan, namun bisa juga anda aplikasikan cara menempel gold leaf kertas ini pada media lain seperti furniture, kayu, ukiran, rotan, kaca, triplek, tembok, kusen, daun pintu, gipsum dll.


Cara menempel gold leaf kertas atau silver leaf ada dua cara yaitu dalam keadan basah dan setelah kering menggunakan adhesive pelarut air atau oil. Meliputi cara melapisi adhesive, cara menggunakan kuas untuk mengangkat gold leaf, meratakan gold leaf dengan kuas halus pada hasil tempelan, cara menggosok gold leaf dengan sikat penyepuh kualitas tinggi agar mengkilap, cara finishing gold leaf dengan waterbase pernis dsb.

Cara menempelkan gold leaf kertas atau silver leaf

Sebelumnya media harus di bersihkan dulu dengan kain lembab supaya bebas dari debu bekas ampelas lalu siapkan semua peralatan dan bahan seperti:

- Gold leaf atau silver leaf kertas
- Water based adhesive ( lebih bagus pakai yg white)/oil.
- Water based pernis / oil varnish Anti UV dan Anti oksidasi
- Kuas biasa / roller / spry gun
- Pisau pemotong Gold leaf kertas
- Tatakan untuk memotong gol leaf
- Kuas lembut untuk meratakan Gold leaf hasil tempelan.
- Kertas tisu yang lembut / kain licin.
- Sikat penyepuh gold leaf atau silver leaf

Cara menempel gold leaf kertas ada dua cara:

A. Adhesive dalam keadaan basah.
 Cara menggunakan waterbase adhesive / oil.
  a. Menempelken gold leaf tisu saat adhesive dalam keadaan basah :
-Aduk adhesive pelarut air dengan kuas lalu oleskan dengan rata ke media ( bisa coba pakai putih telor juga bisa / oil  ).

- Potong gold leaf di atas tatakan dengan menggunakan pisau tajam.

- Angkat potongan gold leaf dengan kuas tipis atau kuas khusus lalu tempelkan dalam keadaan adhesive masih basah.
1
2

3

- Kuaskan adhesive lagi di sebelahnya  lalu tempel lagi dengan cara yang sama, periksa sentuh bagian yang gelembung dengan ujung kuas pengangkat gold leaf tersebut, lalu biarkan beberapa menit supaya adhesive agak kering.
- Ambil kuas halus dan sapu dengan halus pada bagian yang kurang menempel rata.

- Setelah kira kira agak kering ...ambil kertas tissu atau licin ...remas atau gumpalkan sedikit dengan ujung jari jari anda ...lalu tekan tekan ( jangan terlalu kuat ) pada seluruh media yang sudah anda lapisi dengan gold leaf atau silver leaf....Biarkan kering.
- Setelah lebih dari satu jam ......gosok atau tekan  lapisan gold leaf tersebut dengan ujung jari jari menggunakan gumpalan kertas tyssu / kain licin dengan mengambang ....di tahap ini lapisan gold leaf sudah kelihatan agak mengkilap.
- Sikat dengan ambang menggunakan sikat penyepuh ke seluruh bagian gold leaf ..... beberapa kali sampai mengkilap.

- Lapisi gold leaf dengan waterbase varnish Anti oksidasi / UV atau pernis pelarut air / oil dengan rata keseluruh permukaan gold leaf. Sehingga lapisan mengkilap gold leaf anti gores, tidak berubah oleh oksidasi dan ultra violet sehingga kuat untuk outdor.
- Anda juga bisa tambah dengan lapisan antigores lainya ......tapi setelah anda lapisi dengan pernis water based / oil tertentu!

B. Menempel gold leaf setelah adhesive kering.
-Tidak jauh beda .......cara menempel seperti ini lebih santai soalnya biarkan adhesive kering dahaulu lalu anda bisa menempel kapansaja dari setelah kering sampai satu atau dua hari juga masih bisa menempel .setelah anda menempelkan leaf ....anda juga langsung bisa ke tahap selanjutnya menggosok, menyikat dsb seperti dengan keterangan pada cara di atas karena adhesive sudah dalam keadaan kering jadi tidak takut leaf robek ...... namun anda tetap harus lembut dalam menekan nekan dan menggosok untuk pertamakalinya sebelum bener benar rata.

Nah mudah bukan sobat ...toko gold leaf kami selain jual gold leaf juga memberikan tips cara menempel gold leaf  ..... o.... ya ..pelapisan pernis atau varnish bisa lebih dari sekali untuk hasil yang kuat atau anda bisa menambah lapisan yang benar benar anti gores seperti resin epoxi dll .... sesuai keinginan dan pengetahuan anda yang mukin lebih baik dari saya mengenai finising coating.

10 komentar:

Unknown mengatakan...

Thanks Mbak Risna Habifah
ada no Pin BB ?
saya tertarik mau menjalankan bisnis ini dengan Material Gold Leaf

Agus Sudirman mengatakan...

ada Bu Wega sms aja di no saya nanti sy kasih ( Agus )

Handoko Susilo mengatakan...

Maap bu, mau tanya..
apakah kertas prada emas bisa menempel pada media tanpa lem adhesiv??

Agus Sudirman mengatakan...

Ya kertas gold leaf sangat tipis sekali, bisa nempel kuat bila menggunakan adhesive atau lem gold leaf, penempelan menggunakan sarung tangan karena gold leaf juga bisa menempel pada daerah basah seperti keringat dan kulit yg berminyak...

Unknown mengatakan...

Bermanfaat sekali

Agus Sudirman mengatakan...

terimakasih, prada emas, gold leaf

Unknown mengatakan...

apakah bahan yang sudah terkena kertas prada ini bisa dihapus? mohon infonya, thanks

Agus Sudirman mengatakan...

klu belum di coating masih agak mudah bisa pakai tinner, tpi klu prada emas sudah di coating agak susah di "hapus" ( dalam tanda kurung)

TEROKA mengatakan...

Warna emas pada huruf-huruf lensa Nikon saya sudah pudar. Apakah bisa dikembalikan warna emasnya dengan kertas prada, Bu?

Agus Sudirman mengatakan...

Belum pernah Coba Pak saya kurang mengerti coba di baca2 tutor singkat dan videonya tentang prada emas mungkin bapak bisa menaksir sendiri bisa atau nggah. Pak....

Posting Komentar