Senin, 27 Februari 2012

PROSES MENYULAP MEJA TRIPLEKS MENJADI MEWAH

       As.wr.wb………. kali ini saya akan share proses kerjaan saya …yaitu pesanan dari salah satu desainer interior …. menyulap meja dari trplek menjadi mewah …. Elegant …..dan bernilai tnggi……, beliau (desainer interior ) meminta saya untuk mnyulap meja dari bahan dasar tripleks tebal atau melaminto …sehingga tampak menjadi meja yang mewah dalam waktu yang singkat karena harus cepat di kirim ke klienya.

Sebenarna banyak macam bahan dasar dari furniture sederhana yang bisa kita sulap menjadi mewah dengan warna emas ataupun perak…. Seperti furniture dari kayu, rotan, triplek, besi, alumunium, batu dan masih manyak lagi ,,,,,kebetulan sekarang yang saya kerjakan adalah menyulap meja dari tripleks tebal dengan lapisan putih atau melaminto untuk diberi sentuhan warna gold......baik akan saya sampaikan dengan bahasa sederhana agar mudah di pahami bagi pemula.

1. Proses pengamplasan pertama.
    Proses pengamplasan meja triplek yang pertama dilakukan menggunakan amplas yang kasar ....tujuan untuk menghilangkan guratan-guratan kasar bekas gergajian, sambungan lem dan juga paku.

 2. Proses pendempulan pertama
    Dilakukan dengan dempul yang di sesuaikan dengan bahan dasar meja......bisa dengan campuran kalsium dan lem kayu.....ataupun dempul kayu yang sudah jadi.

 3. Proses pengamplasan kedua.
    Setelah semua bagian yang kasar kita dempul lalu kita amplas lagi menggunakan amplas kasar .....sehingga bagian yang terlalu kasar ....seperti cekungan bisa terlihat.
 4.  Pendempulan kedua
     Kali ini pendempulan dilakukan lebih teliti .....atau lebih halus .....cari bagian yang perlu diratakan......
 5.  Pengamplasan ketiga.
     Dengan menggunakan amplas yang tidak terlalu kasar.
 6.  Pengamplasan keempat.
     kalau kiranya cukup rata bisa kita lakukan pengamplasan terakhir atau dengan menggunakan aplas halus pada semua bagian.
 7.  Pelapisan cat dasar....
     Lapisi seluruh bagian dengan cat dasar......sobat bisa nanya ke toko cat ...
8.  Pengamplasan terakhir
     Gunakan amplas yang sangat halus .....rata keseluruh bagan.
9.  Pelapisan adhesive atau perekat.
     Dalam melapisi adhesive kita harus menggunakan kuas yang halus dan hindari suhu yang panas .....bagus dilakukan malam hari ......siang juga bisa asal di tempat yang teduh ..  tujuan supaya bekas goresan tidak cepat kering sebelum merata dengan sendirinya.
10. Penempelan prada emas bisa juga gold leaf.
     - Bila penempelan dengan prada emas.
tarik gulungan prada emas......potong dan tempelkan ke bagian-bagian yang kita inginkan...... setelah itu gosok dengan kain sehingga permukaan plastik terlihat rata menempel........ setelah itu gosok dan tekan lagi..... kali ini menggunakan kayu yang disesuaikan dengan bidang......kayu di bungkus dengan selembar kain yang kuat. ......tekan dan gosok centi demi centi hingga rata.
    - Bila penempelan dengan gold leaf
Hindari angin ......matikan kipas angin .....dll. siapkan tempat untuk memotong gold leaf ( bisa lihat pada halaman saya yang lain ) ...siapkan kain yang dilipat rapi ...dan beri beberapa tetes  minyak sayur.siapkan juga alat untuk mengangkat gold leaf setelah di potong ( bisa menggunakan penggaris, bekas kartu perdana, alat rata lainya.)
cara penempelan ...... letaknan gold leaf pada tempatnya .......potong dengan pisau tajam menjadi beberapa bagian yang lebarnya di sesuaikan dengan media yang akan kita tempel....memotong dengan cara menarik pisau......setelah itu ambil alat pengangkat gold leaf ...tempelkan pada kain yang sudah di basahi dengan minyak .....lalu tarik........setelah itu tempelkan pada bagian pinggir gold leaf yang telah di potong .....dan angkat .....gold leaf akan terangkat ....dan tempelkan pada bagian yang di inginkan ......lalu tekan tekan dengan kain halus .... atau kuas halus.....setelah itu bisa anda laker dengan alat keras yang halus atau dengan kain halus yang anda gulung .....dan gosok centi demi centi. 

11. Meratakan hasil tempelan.
Cari bagian yang belum terkena emas ....bisa anda langsung tempel atau anda kasih adhesive lagi tunggu kering lalu tempel prada atau gold leaf lagi.....Untuk yang menggunakan prada emas roll pelapisan lebih baik dua kali ...... silahkan anda lapisi dengan adhesive lagi ...tunggu kering lalu tempel lagi ......dan untuk yang menggunakan gold leaf cuukup cari bagian yang belum terkena emas dan bisa di tempel pada bagian tsb.
12. Lakukan pembersihan pada seluruh permukaan.
 Pembersihan pada permukaan bisa dilakukan hanya dengan kain halus ........ atau kain halus yang anda basahi dengan air.

13. Finishing.
Terakhir......kita lakukan penyemprotan dengan pernis......bisa dengan varnish semprot instan kalengan atau campuran sendiri dan semprot dngan spry gun.........tips menyemprot ......harus dilakukan pada cuaca yang cerah dan panas........dan harus dimulai dengan .....semprotan yang sangat tipis rata keseluruh bagian ( tujuan ya supaya hasil kilapan kemilau prada roll ataupun gold leaf tidak berubah .....karena kalau langsung tebal dan lama kering...lapisan prada emas akan kurang mengkilap atau pudar )........setelah semprotan tipis ......tunggu hingga benar-benar kering ......lakukan semprotan tipis kedua .....tunggu kering ......setelah itu baru bisa dengan lapisan yang lebih tebal hingga rata .....selesai.

Demikian kawan ......beberapa langkah mudah ......dalam proses menyulap meja tripleks menjadi mewah, ...dengan warna emas .....atau anda bisa coba dengan warna perak yang mengkilap .....sekian dulu mohon maaf bila ada kekurangan ......sobat bisa baca .....di halaman yang lain pada blog saya ini......trims..

18 komentar:

thelitlerocker mengatakan...

Mantap gan tutorialnya!
Terimakasih banyak ya .

Agus Sudirman mengatakan...

sama2

Eko prasetio mengatakan...

Super sekali tipsnya gan... Anda ingin membuat gerobak wilayah semarang dan sekitarnya Silahkan mampir ke www.MasterGerobakMurah.blogspot.com

Unknown mengatakan...

wah keren gan,mau tak coba juga nih buat ngecat perabotan multiplek di rumah

benni mengatakan...

mantab saya mau coba ke muka mertua :v

Agus Sudirman mengatakan...

HUA HA HA HA HA HA ....

ndzoboz mengatakan...

trim nambah pengetahuan

Unknown mengatakan...

Trimakasih gan.

kaskus mengatakan...

hhh ade risben komentar kamu lucu deh ..untung mertua kamu bukan saya.. karna saya udah baca maksud kamu.. bisa2 muka kamu tak prada retak 1000 trus sy coating.. kaku deh muka kamu hhh

Haryadi Marsono's Blog mengatakan...

Keren.... tks share infonya

john smith mengatakan...

a trip to Plaza Andares is a bit like stepping into a Mexican fantasy world. Demir Leather

Unknown mengatakan...

Pemasaran pintu minimaliz bagus dan murah dikota pati.
Wa 082322855755
www.gioproperty.com

Eugene A. Price mengatakan...

Leather furniture is so durable that many people forget to properly care for it, which can cause serious problems with the leather itself. Leather needs to be kept out of direct sunlight and away from heating vents. Direct sunlight and the heat will break down the natural oils in the leather, making it more likely to crack.--- to Know more details go to this link http://www.demirleather.com/

Anonim mengatakan...

sipp...pradaemas....info dan artikelnya...tetap jaya dan sukses
hexavera.com

Unknown mengatakan...

Terima kasih ilmunya gan..

Unknown mengatakan...

Terima kasih ilmunya gan..

Agus Sudirman mengatakan...

sama ( pradaemas )

Unknown mengatakan...

Hatur nuhun terima kasih..sangat membantu

Posting Komentar