Rabu, 29 Februari 2012

CONTOH BENTUK KAYU SEBAGAI ALAT MENGGOSOK PRADA EMAS

    As.wr.wb......Karena ada beberapa sobat yang menayakan lewat sms tentang contoh bentuk kayu sebagai alat menggosok ( menyangkling, meleker ) prada emas supaya hasil gosokan rata dan mengkilap.....untuk semua produk prada emas .. maka pada halaman ini saya memberikan gambar contoh bentuk kayu untuk menggosok prada emas tersebut berikut sedikit penjelasan .....kegunaan pada setiap bagian dari bentuk kayu tersebut.
Kayu yang akan kita bentuk sebagai alat untuk menggosok ..haruslah yang cukup kuat dan keras...sehingga tidak akan berubah bentuk walaupun sudah anda pakai berulang kali untuk menggosok prada emas. Sedang ukuran yang saya pakai menggunaka kayu dengan panjang 16cm, lebar 3cm, tebal 1,5cm. Dari sebatang kayu tersebut bisa anda bentuk menjadi multi guna pada setiap bagianya.


Sebelum menggosok kayu harus dibungkus selembar kain yang kuat..... sehingga kain tidak rusak atau bolong karena tekanan dan gesekan .....cara menggosok .....potong prada roll...... letakkan pada media yang sudah di lapisi adhesive dengan kuas.......ratakan dengan kain halus agar plastik prada terlihat menempel rata.....setelah itu baru menggunakan alat dari kayu yang dibungkus kain ....ditekan dengan kuat dan di gosok maju mundur centi demi centi ......setelah rata .....kletek plastik prada.....dan hasilnya akan memuaskan...

1. Pangkal kayu  depan
    - Dibuat rata, kegunaan untuk menekan dan menggosok media lebar.....sebelum menggosok kayu dibungkus selembar kain yang kuat .....cara menggosok ..ditekan dan digosok dengan arah maju mundur 3 sampai 5 cm.

2.  Pangkal kayu belakang
   - Pangkal kayu sisi belakang dibuat cekung......fungsi untuk menggosok media profil atau pinggir....cara menggosok.... sama dengan nomor 1.

3.   Pangkal kayu samping.
   - Fungsi untuk menggosok bagian yang agak bandel ......karena sedikit ada cekungan, kasar pada media dll.

4.  Bahu atau bawah ujung.
   - Fungsi untuk menggosok media bagian yang rata tapi agak cekung. .....sedang cara menggosok sama.

5. Ujung depan
   - Fungsi untuk menggosok bagian lembah dari profilan kayu.....

6. Ujung samping
   - Untuk menggosok dan menekan bagian lompetan pada ukiran dan sela-sela pojok pada kayu.

Selain bagian-bagian tersebut di atas kawan bisa memanfaatkan dari bentuk-bentuk kayu sebagai alat untuk menggosok prada emas....sehingga hasilnya maksimal....rata ....terkena warna emas yang mengkilap dan tidak ada yang terlewatkan....... demikian contoh bentuk kayu sebagai alat untuk menggosak prada emas .......semoga bermanfaat ....thank's..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar