Jumat, 23 September 2011

CARA MEWARNAI ORNAMENT DENGAN PRADA EMAS

teknik gilding
  Jumpa lagi, kali ini saya akan memberikan materi tentang cara mewarnai ornament dengan cat prada emas atau gold leaf roll. Sentuhan prada emas pada media yang tadinya kaku atau kurang menarik, akan mengangkat media tersebut ke level yang tinggi atau bisa di sebut dengan kata ” high class ”. Pemberian lapisan prada emas dapat diaplikasikan ke banyak media cat ornament seperti ukiran kayu, kubah masjid , kaligrafi, tembok, plafon, furniture, kain batik, sangkar burung, bingkai, frame, gebyok, kaca rias, wayang kulit, kertas dan masih banyak lagi.


Prada emas juga akan memberikan efek lux… karena performa yang anggun dan berkilau. Tak heran furniture dan lainya akan menjadi sangat mahal bila sudah kena sentuhan cat prada emas oleh para seniman. Pewarnaan prada emas akan lebih efektif bila diterapkan pada ornament yang bermotif gelombang, cekung, cembung dan berukir. Karena akan memantulkan efek cahaya di setiap sudut pandang.


Sebelum diwarnai dengan prada emas, Sesudah di gilding dengan gold leaf roll

kuali tanah
kuali prada emas

Tips dan trik tentang cara melapisi / cat ornament dengan prada emasgulung / gold leafe roll ini akan saya sampaikan secara singkat saja karena sebenarnya tehnik cat ini juga sederhana, simple dan mudah dikerjakan oleh siapa saja apalagi mereka yang mempunyai bakat seni. Baiklalah para sahabat, …. tidak usah panjang lebar kita mulai dengan menyiapkan bahan dan peralatan seperti :

Bahan-bahan dan media ornament :
1.    Ornament ( media untuk pengecatan pada kubah masjid, ukiran, bingkai cermin, calligrafi, asbak dll ).
2.    Prada emas / Golg leaf roll  ( gulung atau lembaran )
3.    Sealt Gold maker ( Cairan cat adhesive untuk melapisi sebelum menempelkan prada emas ).
4.    Pernis ( optional ).

Alat-alat :
1.    Kuas ( disesuaikan besar kecilnya ornament ).
2.    Kain halus ( untuk menggosok ).
3.    Kayu ( untuk memberi tekanan yang lebih rata buatlah bentuk kayu ujung lebar dan rata untuk bagian media gosok yang lebar, dan runcing untuk bagian sela-sela ,....cara menggosok kayu dilapisi selembar kain.

Mari kita mulai ……… Bersihkan ornament atau ukiran yang akan kita cat, dengn menggunakan kain dan kuas dari debu minyak dan kotoran lainya. Sebelum mulai melapisi ornament dengan cairan cat gold maker anda perlu mengetahui sifat dari bahan yang satu ini. Sealt Gold maker akan sangat kuat menempel pada media / size yang dilapisinya karena mengandung zat perekat yang sangat tinggi, untuk itu bahan cat cair ini tidak boleh dicampur dengan bahan lain seperti minyak, air dan bahan lainya.
ukiran kayu

Kita lanjutkan ………….. Setelah benar-benar bersih silahkan anda langsung cat dengan lapisan cair gold maker pada bagian yang di inginkan dengan kuas sedang, tapi untuk bagian sela-sela anda harus menggunakan kuas yang kecil supaya rapi. Trik dan tips ( untuk media ornament yang menyerap bisa dilakukan dua atau tiga kali sampai permukaan erlihat licin, pelapisan tambahan harus dilakukan setelah lapisan pertama benar benar kering dan cukup keras.
prada gulung dan adhesive
Gambar PRADA EMAS gulung ( gold leaf roll ) dan SEALT GOLD MAKER .


cara gilding
Lanjut lagi ……….. ke tahap pemberian warna / cat ornament dengan prada emas. …......... tempelkan prada emas pada ornament yang telah di lapisi dengan cat adhesive gold maker tersebut, lalu gosok dan tekan sampai menempel rata, lalu copot, angkat ,atau tarik plastic prada tersebut dan ………………. Kinclong bersinar …… sudah terlihat prada menempel pada ornament. Terus temple lagi pada sela-sela dan bagian yang belum kena gosokan menggunakan kayu kecil yang tumpul di bungkus dengan kain.

cara gilding ukiran
gilded ornament
gilding pada gipsum
gilding pada furniture

bambu dengan silver clear
silver dof pada bambu
                                                                    
Prada emas gulung / gold leaf roll  akan semakin kuat menempel pada ornament seiring waktu dengan semakin mengerasnya cairan gold maker tersebut. Tps ……. ( Ornament prada emas ini akan sangat bagus bila dilapisi dengan cat pernis / vernish, adapun cara bisa dilakukan dengan kuas atau dengan pernis semprot instant kaleng yang banyak dijual di took-toko cat dan material, untuk ornament yang terletak aman di atas seperti di plafon atau dinding atas tidak di pernis juga tidak apa-apa karena tidak akan terkena sentuhan dan goresan tangan sebelum benar-benar kering tapi untuk area yang sering terkena gesekan atau sentuhan harus diberi lapisan cat vernis setelah cukup kering.

Nah, ........... demikian .........tips dan trik cara mewarnai / cat ornament dengan prada emas. Sudah jelas kan ....? O.. iya ......... Kami juga terima jasa gilding / pengecatan dengan warna emas seperti ini pada kubah masjid,
ornament, furnitur, pintu , jendela dll. Mohon maaf bila ada kekurangan ....... sekian dulu ya .........
  

Cara mengecat ulang furniture dengan warna emas 
Warnai KUBAH EMAS masjid kita dengan sytem gilding gold leaf roll
Jual bahan PRADA EMAS ( gold leaf roll ) dan SEALT GOLD MAKER ( pelekat prada )
Grosir kaligrafi prada emas.
Pelajaran dasar menulis bentuk timbul huruf kaligrafi arab.
Cara bikin kaligrafi motif emas kuno.

5 komentar:

Ade Creation mengatakan...

Ada gak kursus membuat prada emas w4 karat pd media kin?

alat bantu sex wanita mengatakan...

trim infonya,saya suka dengan artikelnyaa,

Harry Purnomo mengatakan...

gold leaf bisa dibeli di mana gan?

Elf mengatakan...

Mantap sekali gan. Minta harga prada yg lengkap dengan lem serta perhitungan harga penjualan yg telah di lapisi prada. Hitung per meter atau gimana. Ditunggu ya gan

Agus Sudirman mengatakan...

harga prada emas dan lem adhesive masih sama silahkan lihat daftar harganya ... untuk harga penjualan finishing prada emas.. bisa borongan atau dihitung per meter persegi -+rp.1juta/m2. tapi lihat dulu kerumitan,jarak,ketinggian, dll.

Posting Komentar