Selasa, 04 Oktober 2011

VIDEO CARA MEMBUAT SKETSA DALAM MENULIS KALIGRAFI TINTA EMAS


    Assalaamualaikum,  …… posting kalin ini saya hanya akan memberikan video contoh cara membuat sketsa dalam menulis kaligrafi tinta emas. Skets sangat penting  sebelum kita melakukan penulisan kaligrafi khususnya bila kita ingin membuat  kaligrafi tinta emas dengan  menggunakan jenis khat / huruf  kaligrafi tinta emas yang ukuranya cukup besar, bagi yang sudah berpengalaman pun akan mengalami kesulitan bila menulis kaligrafi tinta emas pada huruf yang besar tanpa membuat sketsa huruf terlebuh dahulu.



Tapi membuat seketsa  tidak terlalu di butuhkan bila kita menulis huruf-huruf yang kecil seperti menulis kaligrafi tinta emas dengan mengambil cuplikan ayat-ayat yang panjag seperti ayat kursi atau surat yasin dan lain-lain, karena justru akan mempersulit pada waktu penulisan dengan tinta emas. Selain itu juga akan memperlambat karena membuat sket dalam menulis kaligrafi dengan surat / ayat yang panjang akan memakan waktu, tapi bagi pemula atau yang baru belajar " tidak masalah". ......:)) Anda bisa lihat dalam video singkat cara menulis skets .....
Video cara  membuat sketsa dalam menulis kaligrafi emas.

Cara membuat sketsa untuk menulis kaligrafi tinta emas tidak boleh menggunakan bahan yang permanent  tapi harus dengan bahan yang mudah dihapus karena tidak seperti menulis kaligrafi dalam bentuk lukisan  ( menggunakan cat minyak ) …… sketsa bisa tertutup  oleh gradasi warna dalam menulis. Beda dengan menulis kaligrafi tinta emas, ………. Justru sketsa untuk tulisan dibuat setelah lukisan dasar atau beground selesai ( kering ) seperti dalam video saya .........:/

Bahan yang digunakan untuk membuat seketsa sebenarnaya adalah bahan yang mudah didapat dan murah yaitu sebelum menulis kaligrafi  anda bisa menggunakan “kapur  “ seperti tampak dalam video, atau bahan yang sejenisnya sehingga ketika kita melakukan proses penghapusan …… sketsa tersebut bisa langsung hilang , trik proses penghapusan sketsa mungkin akan saya posting dilain waktu.

Saya kira cukup jelas bagaimana cara membuat sketsa untuk menulis kaligrafi tinta emas baik kaligrafi tinta emas dengan menggunakan bahan padat ataupun bahan cair,....... seperti yang saya contohkan dalam video, ……. Ws.w.wb …….:)

Grosir kaligrafi timbul prada / tinta emas.
Cara gilding / warnai ornamen dengan gold leaf foil
Bahan gilding murah seperti gold leaf dan adhesive leaf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar