Rabu, 28 September 2011

KALIGRAFI ARAB

   Kaligrafi arab atau bisa juga disebut kaligrafi islam adalah suatu seni yang sangat artistik, Cara membuat kata atau kalimat dalam tulisan  kaligrafi arab atau kaligrafi islam ini sangat unik yaitu penulisan dimulai dari sebelah kanan dengan sentuhan goresan tebal dan tipisnya lengkunagan dalam setiap huruhnya. Pedoman dalam membuat tulisan biasa atau tulisan indah dalam kaligrafi arab biasa merujuk dari seniman kaligrafi islam atau para khathat yang berasal dari timur tengah.


Sebagian besar tulias kaligrafi arab atau kaligrafi islam ini adalah cuplikan ayat-ayat atau surat-surat yang diambil dari tulisan Al-Qur’an juga tulisan dari riwayat para sohabat yang terdapat dalam kitab hadist. Maka dalam membuat tulisan karya kaligrafi arab yang indah harus lebih berpedoman pada kaidah khatiyah supaya tidak ada kesalahan tulisan sehingga merubah makna dan arti yang terkandung dalam tulisan kaligrafi arab tersebut.

Tulisan Kaligrafi arab banyak sekali ragamnya dan sering juga kita jumpai kaligrafi islam tersebut dengan motif biasa yang biasa terulis pada buku-buku, dan untuk motif tiga dimensi banyak kita jumpai pada ornament islam. Selain itu yang paling trend saat ini yaitu kaligrafi timbul yang bermotif emas yaitu  tulisan kaligrafi arab yang ditulis dengan tinta timbul kemudian di sepuh atau diberi sentuhan warna emas yang sangat berkilau.

Berikut contoh gambar tulisan kaligrafi arab motif biasa dan motif timbul.

Kaligrafi Arab motif biasa :

Kaligrafi Allah dan kaligrafi Muhammad

Kaligrafi Bismilah, ( Bismillaahirrahmaanirrahiim ) Arti : Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

Kaligrafi Arab, WA'TASHIMUU BIHABLILLAAHI JAMII'AN WALAA TAFARRAQUU. Arti : Dan berpegang teguhlah kamu semua kepada tali ( agama ) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai. ( Q.S. Ali-Imran : 103 )

Kaligrafi Arab, ARRIZQU 'ALALLAAHI  Arti : Rizqi itu ditangan Allah.

Kaligrafi Arab motif  Timbul.

Kaligrafi arab, Attahrim 6 dengan artinya : Pelihara lah dirimu dan keluargamu dari api neraka.

 Kaligrafi arab Timbul, Model guci  LAAILAHAILLAALLAAH Arti : Tiada uhan Selain Allah

 Haligrafi Arab, Dua kalimat syahadat

Demikian sedikit posting tentang tulisan kaligrafi arab dengan beberapa contoh,semoga bermanfaat bagi anda ……..:)) Mohon maaf bila ada kesalahan ……… thank’s ……

Mngenal khat kaligrafi arab.
Grosir kaligrafi timbul prada emas.
Cara Tulis kaligrafi timbul emas.
Cara bikin kaligrafi timbul motif emas kuno.
Jual bahan prada emas  kaligrafi timbul.
Cara warnai ornamen dengan prada emas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar