Kamis, 03 November 2011

TEKNIK PENGECATAN DAN FINISHING BINGKAI KAYU


    Posting kali ini saya akan melanjutkan, ……. setelah membuat guratan pada bingkai kayu  kita akan membahas salah satu teknik / cara pengecatan dan finishing bingkai kayu sehingga pigura / frame / bingkai kayu yang indah kita siap untuk dipasang lukisan atau kaligrafi yang kita inginkan. Namun saya akan mengulang dengan singkat dari awal berikut gambar sehingga sobat semua lebih jelas.

Langsung saja kita mulai dari pemotongan kayu palet untuk bingkai kita,….. seperti yang sudah saya jelaskan pemotongan kita kali ini menggunakan teknik diganjal sehingga bingkai yang kita buat akan tampak menonjol pada bagian dalam bingkai. Pengganjalan saat memotong bisa menggunakan benda kecil yang bulat seperti , kayu, sepidol, dan benda-benda lain seukuran. Setelah keempat batang terpotong kita akan melewati beberapa tahap seperti:
1. Penyambungan sudut.
Penyambungan sudut kali ini saya hanya menggunakan gun stepler, penyambungan harus dilakukan dengan diganjal dan menseteples bagian dalam dulu seperti tampak pada gambar.

Setelah keempat sudut bagian dalam kita steples lalukita balik dan lanjutkan steples pada bagian luar tanpa diganjal.

Dan anda bisa propil pada bagian dalam bingkai.

2. Lalu lakukan pendempulan tentang cara membuat dempul bisa lihat pada postingan sebelumnya.

3. Dan lakukan pengamplasan seperti pada cara membuat motif pada bingkai kayu sebelumnya.
4. Lanjut ke membuat motif guratan anda bisa lihat posting cara membuat motif guratan pada bingkai kayu.
5. Masuk ke tahap pengecatan,….. sobat bisa menggunakan cat semprot dengan gradasi samar agak gelap pada bagian pinggir bingkai atau sobat bisa blok dengan cat genteng berwarna coklat seperti teknik yang saya lakukan ini. Setelah kering anda bisa menggunakan amplas halus…… tapi sekedar untuk memunculkan sedikit guratan-guratan putih.

6. Pemberian warna emas prada.
Warna emas prada yang mengkilap bisa anda terapkan pada seluruh permukaan bingkai ataupun pada bagian yang di propel saja. Yaitu dengan memberikan cat adhesive pada bagian yang diperpil tersebut dengan kuas kecil supaya dapat di tempel dengan prada emas.
7. Penempelan warna emas dengan prada.
Setelah kering adhesive pada propilan kita…….. sobat gunting prada foil, …… tempelkan dan gosok pada bagian yang sudah dilapisi dengan adhesive atau perekat tersebut.



Nah, ….. bingkai kita sudah jadi …… itulah salah satu teknik atau cara pengecatan dan finishing bingkai / fram kayu dari palet, …….. ikuti tehnik selanjutnya mungkin cara pemasangan kaligrafi atau lukisan pada bingkai kayu model ini. ……. Trimsss…..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar