Minggu, 05 Februari 2012

CAT ULANG FURNITURE DENGAN LAPISAN WARNA EMAS

   As.wr.wb ......Juragan sekalian .....sekarang saya akan bagi pengalaman..... cara cat ulang furniture dengan lapisan warna emas. Terkadang kita bosan dengan warna cat pada furniture atau ornamen ukiran pada furniture di rumah kita, .....cobalah ganti atau cat ulang cat furniture anda dengan melapisi  warna emas yang mengkilap, sehingga memberikan perubahan pada suasana rumah anda .....

Berikut saya hanya sedikit mengulang dari postingan saya sebelumnya ....yaitu cara transfer warna emas dari prada roll ke beberapa media furniture khususnya cara cat ulang media tersebut dengan lapisan warna emas ... dan  juga saya akan memberikan contoh beberapa gambar. Cara service atau cat ulang furniture lebih mudah...berikut sedikit tips dari saya

SEBELUM DICAT ULANG
SESUDAH DI CAT EMAS PRADA

 Sebelum kita melapisi ulang atau cat ulang ornamen atau ukiran pada prabotan seperti kursi, meja, bufet, dan lain lain ....kita harus....:
1. Membersihkan dari debu yang menempel ......dengan kain basah.

2. Periksa seluruh permukaan pada cat lama, ...apakah ada retakan atau cat yang terkelupas, ....seandainya ada agan bisa menutup bagian tersebut dengan dempul sehingga hasil cat ulang atau transfer warna emas hasilnya akan halus dan memuaskan.
3. Setelah itu sobat bisa langsung melapisi adhesive atau perekat ke seluruh media yang akan di tempel dengan warna emas ....menggunakan kuas.

4. Setelah semua bagian rata terlapisi dengan adhesive ......tunggu beberapa menit dengan menjemurnya....sampai seluruh bagian benar benar kering .....bila kita sentuh,..... tapi dalam menjemur usahakan terhindar dari sentuhan tangan dan debu...... untuk hasil yang maksimal.
5. Lalu sobat bisa mulai menempel prada roll bagian demi bagian.
    - Potong prada sesuai bagian yang akan di tempel dengan menggunakan gunting.
    - Tempel potongan prada tersebut ke bagian yang akan di cat warna emas..... dengan tangan. 
    - Gosok dan tekan dengan kain .....prada yang sudah di tempel tersebut, ....sobat bisa menggunakan kayu yang rata dan di bungkus dengan kain.
    - Untuk menggosok pada bagian yang rumit atau ukiran ..... sobat bisa menggunakan kayu yang agak runcing dengan dibungkus kain.
LAPISAN EMAS PADA KAKI MEJA
LAPISAN EMAS SELURUH BAGIAN

6. Periksa seluruh bagian ..... bila ada yang belum terkena warna emas sobat bisa menempel dan menggosoknya dengan sisa sisa bekas prada emas....... bila bagian tersebut tidak mau menerima tempelan ...karena belum terkena adhesive ......sobat bisa cat ulang bagian tersebut dengan adesive ....dengan kuas yang kecil....... dan coba tempel ulang dan gosok lagi setelah kering.
PRADA EMAS PADA FURNITURE
EMAS MENGKILAP PADA UKIRAN

7. Setelah beberapa jam atau beberapa hari .....sobat bisa beri sentuhan finishing dengan lapisan pelindung seperti pernis dll.

Nah,....... furniture anda akan menjadi baru lagi dan lebih indah dan elegant dengan warna emas yang mengkilap ...... demikian sedikit tips atau cara cat ulang furniture dengan lapisan warna emas......semoga bermanfaat dan memberikan inspirasi bagi sobat sekalian ......thank's ....ws.wr.wb.

- Cara service furniture warna silver leafe yang rusak
- Cara pengecatan ornament sytem gilding dengan prada emas atau gold leaf roll
- Jual bahan cat gilding gold leaf paper dan roll juga perekat / adhesive

10 komentar:

Anonim mengatakan...

Asslm,
wah mas sya udh baca2 artikel-artikel anda dan sangat berguna sekali bagi saya yg sedang belajar!, kebetulan saya juga ingin mengetahui teknik2 membuat ukiran dengan menggunakan dempul kayu yg biasa ditambahkan pada pigura2 photo!, akan tetapi saya tidak menemukannya di blog anda!, sudikah anda memposting cara/teknik untuk membuat ukiran tersebut?, apakah ukiran itu di ukir manual atau sudah menggunakan cetakan untuk di tuangkan dempul yg sudah dicairkan?.
mohon pencerahannya mas! :)

Terimakasih..!

Agus Sudirman mengatakan...

Untuk menambah ukiran pada bingkai kayu bisa dilakukan dengan dua cara .... cor langsung dengan adonan basah atau tempel dengan adonan setengah kering yang di cetak terlebih dahulu, untuk lebih jelasnya pada waktu yang akan datang mungkin sy akan buat dua postingan ttg dua cara tsb ...karena bahan adonan dan teknik keduanya berbeda .....thank's

azayleeya mengatakan...

kalo buat ngecat ulang perabotan pake cat biasa,namanya catnya apa ya? terus gimana caranya? setau saya ada semacam cat dasar..klo di indonesia apa namanya?
Makasih

Agus Sudirman mengatakan...

Kalau ngecat ulang dengan cat biasa .... anda bisa amplas -- dempul --- cat poxy --- ampals --- cat yang anda inginkan --- pernis --- di gosok dg penghalus gitu juga bisa pak...

Agustinus Hargo Pramudya mengatakan...

Mohon informasi mbak,... adhesivenya apa khusus atau pakai apa itu mbak utk perabot kayu?

Agus Sudirman mengatakan...

Untuk mebel/ meuble / furniture / perabotan ukiran, pelaminan kayu lebih enak pakai adhesive yang OIL .... tanpa di pernis juga sudah mantap..

Anonim mengatakan...

mas saya mau nanya, kan saya mau pesan prada emas dgn adhesivenya. Kalau adhesive oil apakah saat membeli langsung di gunakan ataukah masih harus di larutkan lagi? pakai pelarut apa kalau memang masih harus pakai pelarut, ataukah sudah bisa langsung di gunakan atau di aplikasikan?

Agus Sudirman mengatakan...

Oil based tidak usah di campur pelarut tapi kalau mau encer bisa dikasih pelarut berbasis oil sampai 20%, untuk waterbased bisa dicampur air 10% sampai 50% tergantung kebutuhan...tq

Anonim mengatakan...

Mas, saya mau nanya, apa ada cat semprot untuk furniture yang hasilnya sama seprti prada silver atau gold? kalo ada, merk apa dan range harga sktr berapa? Thanks

Agus Sudirman mengatakan...

Ya pak, kalau cat semprot nggak ada sih yg hasilnya menyamai prada gold atau silver.... tapi prada bisa di custom jadi ratusan motif ... baik terang, gelap, bercak garis, kumel, doff gloss, 22k jadi 24k , sebaliknya silver jadi gold dan sebaliknya ..... tergantung teknik dan keinginan kita mengaplikasi .... setelah anda mencoba2 tentunya...:-)).

Posting Komentar