Senin, 26 September 2011

MENGENAL KHAT KALIGRAFI ARAB

      Assalaamualaikum, kali ini saya akan posting tentang mengenal khat kaligrafi arab, Apa itu khat …………? Yah ……..sebelumnya saya akan sedikit membahas tentang khat kaligrafi arab dengan bahasa yang sederhana. Khat adalah … bentuk, alur dan model huruf dari sebuah tulisan arab yang dikarang oleh para khathat dari jaman dahulu yang kebanyakan dari timur tengah. Bertujuan untuk mempermudah. memperindah dalam menulis dan membaca huruf arab.

Namun perlu diingat khat ini adalah sekedar seni dari model huruf arab jadi bukan bagian dari agama. Oleh karena itu dalam menulis atau melukis kaligrafi arab tidak wajib harus menggunakan khat yang dikarang atau di buat oleh seniman seniman terdahulu. Yang terpenting dalam menulis dan melukis kaligrafi arab ini adalah tidak merubah makna dari kaidah huruf dan bahasa arab. Jadi anda juga boleh berkreasi dengan huruf-huruf arab tersebut asal jangan sampai merubah makna dan artinya.

Jadi apabila anda ingin membuat atau menulis indah kaligrafi arab dengan mengambil cuplikan dari Al-Qur’an dan Hadist, sebaiknya anda perlu memahami arti dari kalimat yang akan anda tulis dalam kaligrafi arab tersebut sehingga tidak menghilangkan atau menambah hurf yang akan merubah makna dari ayat tersebut. Dengan memahami arti dan makna dari ayat-ayat yang kita tulis, selain akan menghasilkan karya yang indah semoga kita dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sebagai peningkatan amal dan ibadah kita.

Kembali ke …… mengenal khat kaligrafi arab, Ada bayak macam khat yang telah dibukukan oleh para seniman kaligrafi, dibawah ini saya hanya memberikan beberapa contoh dari khat-khat kaligrafi arab tersebut diantaranya :


KHA KHAOUFI ( khat dari kaligrafi arab jenis ini banyak menggunakan penggaris untuk menulisnya karena sebagian besar hurufnya menggunakan garis lurus ).


















 KHAT NASKHI ( khat kaligrafi arab model ini banyak digunakan untuk menulis kitab karena mudah dibaca ).













KHAT RIQ’AH ( sekilas kaligrafi arab dengan khat ini hampir sama dengan khat naskhi, namun bila dicermati ada beberapa perbedaan ).







KHAT RAIHANI ( kaligrafi arab dengan khat ini banyak menambahkan lengkungan pada tiap hurufnya, kha jenis ini banyak digunakan oleh seniman islam di Persia ).

 KHAT DIWANI JALI ( khat ini juga banyak disukai seniman dari persia, bila sudah menjadi kalimat kadang susah untuk membacanya ).













KHAT SULUSTS  (  khat ini banyak digunakan seniman kaligrafi arab dari asia karena hurufnya indah dan tidak terlalu sulit untuk dibaca ).







KHAT FARISI ( diperlukan tangan yang trampil dan tidak kaku karena banyak menarik garis semi lengkung yang panjang ).

KHAT DIWANI ( khat diwani dalam kaligrafi arab jarang digunakan karena bukan hanya kalimat yang susah dipahami hurufnya juga susah di hafal ).













Itulah contoh beberapa khat dalam kaligrafi arab yang bisa kita pelajari, namun bagi anda yang baru belajar sebaiknya menggunakan khat yang mudah dulu seperti khat naskhi, khat riq’ah, dan tsulust sebelum anda berkreasi dengan bentuk yang lain. Saya rasa cukup sekian dulu sahabat sekalian, mohon beribu maaf bila banyak kekurangan dalam postingan saya tentang mengenal khat kaligrafi arab ini. Ws.w.w.b. ……..:))

-Cara mewarnai ornament dengan prada emas.
-Cara bikin kaligrafi timbul motif emas kuno.
-Grosir kaligrafi timbul emas. 
-Kursus cara bikin kaligrafi timbul prada emas
-Jual bahan pewarna untuk kaligrafi timbul prada emas 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar